Sabtu, 05 Januari 2013

Sikap dan Perilaku Konsumen



Dalam setiap pengambilan keputusan konsumen tidak terlepas dari proses pencarian dan pemrosesan informasi. Keyakinan-keyakinan dan setiap pilihan konsumen atas suatu merek merupakan sikap konsumen. Dan mempelajari sikap konsumen pada uraian ini lebih memfokuskan pada sikap konsumen terhadap merek. apakah sikap positif ataupun negatif yang memungkinkan bagi konsumen dalam menentukan pilihan terhadap merek sehingga sikap yang muncul apakah mempengaruhi atau tidak terhadap pembelian oleh konsumen.

Definisi Sikap Konsumen
Sikap merupakan konsep khusus yang dibutuhkan dalam psikologis sosial kontemporer. Sikap juga merupakan konsep yang sering digunakan oleh pemasar untuk memahami konsumen. sehingga definisi Thurstone 1993,
sikap adalah suatu mental dan syaraf sehubungan dengan kesiapan untuk menanggapi, diorganisasi melalui pengalaman dan memiliki pengaruh yang mengarahkan dan atau dinamis terhadap perilaku.

Hubungan antara sikap dan perilaku
Sejumlah studi telah gagal dalam memprediksi perilaku terutama yang terkait dengan sikap seseorang terutama dengan ukuran-ukuran sikap yang bersifat verbal. (misalnya masalah rasial, atau agama). 

Pandangan Tiga Komponen tentang Sikap
Telah banyak penelitian menunjukkan bahwa antara sikap dan perilaku itu tidak berkorelasi, ataupun bila berkorelasi maka tidak menunjukkan arah yang hubungan kausalitas. Sebagai penyebabnya karena sikap itu memiliki tiga komponen. Menurut pandangan ini, (Rosenberg & Hovland, 1960) sikap itu merupakan predisposisi untuk merespon sejumlah stimulus dengan sejumlah tertentu. Ketiga respon tersebut antara lain afektif (perasaan evaluatif dan preferensi) kognitif (opini dan belief), dan behavioral atau konasi (over acion dan pernyataan tentang kecenderungan). 

Dari gambar di atas tampak bahwa konsep sikap lebih dipandang sebagai intervening variabel (variabel antara) antara stimulus yang dapat diobservasi dengan respon yang terobservasi. Sikap menurut pandangan ini bukanlah konstruk yang menggambarkan hubungan antara stimulus-respon. Sikap bukan pula merupakan interpretasi individu tentang stimulus yang dialami. Sikap lebih dipandang sebagai situasi yang ambigius dalam ikatan antara akibat (effect) dan penyebab (cause) dari suatu peristiwa yang observabel. Bagian yang paling ambigius dalam siagram itu adalah tanda panah antara sikap dengan tiga unsurnya. Karena dalam diagram itu sikap dapat menyebabkan afektif, kognitif, dan konasi tertentu. Dan antara ketiganya dipisahkan satu per satu.

Source:
http://www.unjabisnis.net/cara-mengukur-sikap-dan-perilaku.html
http://euisnurulb.blog.esaunggul.ac.id/2012/04/24/sikap-dan-perilaku-konsumen/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar