Jumat, 08 Oktober 2010

Pengalaman Pertama Masuk Universitas Gunadarma


Setelah lulus SMA tentu banyak siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi (walaupun tak sedikit pula yang ingin langsung bekerja). Aku salah satunya. Aku pun mengikuti tes untuk masuk ke Universitas Gunadarma. Tesnya menggunakan komputer karena universitas ini memang berbasis pada IT. Yang cukup merepotkan adalah saat soal matematika yang muncul sebab kita tidak boleh menggunakan alat bantu hitung apapun termasuk menghitungnya pada kertas juga tak diperbolehkan. Dari tes tersebut tenyata aku dinyatakan lulus dalam jurusan manajemen dan sastra inggris. Tetapi keluargaku mengusulkanku untuk mengambil jurusan manajemen.
Setelah lulus para calon mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti PPSPPT. Yah, tetap saja banyak yang tidak mengikuti meskipun diwajibkan. Apa itu PPSPPT? PPSPPT adalah singkatan dari Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan Tinggi. PPSPPT ternyata tidak hanya sehari saja, tetapi ada 4 gelombang (tentu harinya berbeda tiap fakultas). Yang pertama merupakan PPSPPT tingkat universitas dan dilaksanakan pada 24 Juni 2010 dimana para calon mahasiswa harus berpakaian kemeja putih polos berlengan panjang serta bawahan celana (pria) atau rok (wanita) bahan berwarna hitam polos. PPSPPT pertama berlangsung sangat lama, dimulai dari jam 12 hingga jam 17.30 tanpa diselingi istirahat. Memasuki sore, kami pun mulai merasakan hawa AC yang begitu dingin dalam ruangan tersebut, yang benar saja di luar pun mulai hujan hingga kami calon mahasiswa menjadi kedinginan. PPSPPT ke dua dilaksanakan pada 29 Juni 2010 dan dimulai dari jam 9 pagi hingga 12 siang. Cukup singkat menurutku bila dibandingkan dengan yang pertama. Lalu PPSPPT ke tiga merupakan kuliah perdana dari setiap calon mahasiswa. Untuk jurusan manajemen dilaksanakan pada 8 Juli 2010 dan dimulai dari jam 9.30 sampai 11.30.
PPSPPT terakhir yaitu tingkat fakultas. Fakultas Ekonomi dilaksanakan di kampus E Kelapa Dua pada 23 Agustus 2010 dimulai dari jam 7 pagi (tidak boleh telat) hingga jam 3 sore. Mungkin inilah yang dinamakan ospek karena rambut harus diikat dengan 2 pita kuning (warna sesuai fakultas) bagi wanita dan untuk pria diwajibkan mencukur rambut hingga 1 cm serta memakai pita pada lengannya. Kita pun harus mengenakan tanda pengenal peserta PPSPPT. Dari PPSPPT ini calon mahasiswa dibagikan almamater Gunadarma dan buku paket. Setelah dibagikan buku paket akhirnya kami diperbolehkan pulang dan segala PPSPPT pun berakhir pada hari itu juga.
20 September 2010, hari pertama memasuki kuliah di kampus G untuk kelasku yaitu 1EA01. Hari itu diwarnai dengan berbagai perkenalan – perkenalan, seperti perkenalan dosen, perkenalan mata kuliah, dan tak lupa perkenalan dengan teman sekelas. Dengan perkenalan – perkenalan tersebut, kami harus bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Secara resmi sekarang kami sudah menjadi mahasiswa dan bukan siswa atau pun calon mahasiswa lagi (^^v).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar